Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita


Dewas KPK Akan Panggil Firli Bahuri Klarifikasi Dugaan Kebocoran Dokumen Kasus ESDM

May 10, 2023 Last Updated 2023-05-10T06:33:19Z

Foto : Ist.

Corong Demokrasi,- Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mengundang ketua KPK Firli Bahuri untuk klarifikasi dugaan kebocoran dokumen di Kementerian ESDM besok, Kamis (11/5/2023).

"Mungkin Kamis, besok," kata Anggota Dewas Syamsuddin Haris.

Firli akan diklarifikasi sebagai terlapor dugaan pelanggaran etik dalam kebocoran dokumen penyelidikan di Kementerian ESDM. 

Sebelumnya, sejumlah pelapor sudah diklarifikasi Dewas, termasuk mantan Direktur Penyelidikan KPK Brigjen Endar Priantoro.

Firli Bahuri dilaporkan ke Dewas terkait dugaan kebocoran dokumen tersebut.

Dokumen yang diduga bocor itu ditemukan ketika KPK menggeledah ruangan di Kementerian ESDM. Padahal dokumen itu merupakan berkas rahasia terkait penyelidikan KPK.

Muncul audio dan video yang diduga bukti kebocoran tersebut. Seorang pria mengungkapkan informasi soal asal dokumen itu: 'Pak Menteri dapetnya dari Pak Firli.

Pria yang dimaksud diduga ialah Plh Dirjen Minerba Idris Sihite. Beberapa waktu lalu, KPK memang sempat menggeledah ruangan dan apartemen yang diduga ditempati Idris Sihite. Ia pun sempat diperiksa KPK.

Berikut transkrip percakapan pria tersebut dalam video yang beredar:

Oh ini, ini yang saya cerita tadi nih

.... enggak usah diinfoin

Iya, saya disebut di sini, iya

Itu dari Pak Menteri dapatnya dari Pak Firli, dari Pak Firli dapatnya

Sebaiknya jangan, deh. Sensitif

Firli Bahuri sendiri belum berkomentar dugaan kebocoran yang menyebut namanya itu. Sementara Plt juru bicara KPK Ali Fikri menyerahkan pengusutan ke Dewas.

*(red)


×
Berita Terbaru Update