Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita


Maskapai Yeti Airlines Jatuh 68 Orang Dinyatakan Tewas

January 16, 2023 Last Updated 2023-01-16T07:17:19Z

Foto: Maskapai Yeti Airlines jatuh di Nepal,berpenumpang 72 orang pada Minggu (15/1/2023).

Corong Demokrasi,-
Maskapai Yeti Airlines jatuh di Nepal,  menewaskan 68 orang dalam kecelakaan tersebut, termasuk 15 warga negara asing pada Minggu (15/1/2023).

Berikut kronologi pesawat Yeti Airlines  yang berpenumpang 72 orang itu sempat oleng kemudian jatuh menabrak jurang dan meledak.

Hal itu berdasarkan laporan AFP, pesawat berjenis ATR 72 ini sebelumnya terbang dari Kathmandu menuju Pokhara. Di tengah perjalanan, pesawat menabrak tebing jurang yang terletak di antara bandara lokal Pokhara dan bandara internasional baru, sesaat sebelum pukul 11.00 waktu setempat.

Sebuah video yang beredar di media sosial menunjukkan pesawat itu oleng sebelum jatuh menabrak jurang dan mengeluarkan dentuman yang sangat keras.

Tak lama, helikopter datang untuk melakukan evakuasi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun pesawat terakhir melakukan kontak dengan bandara Pokhara sekitar pukul 10.50 waktu setempat, sekitar 18 menit setelah lepas landas

Otoritas penerbangan sipil Nepal melaporkan pihak angkatan darat dan berbagai departemen kepolisian langsung dikerahkan ke lokasi kecelakaan. Setidaknya 68 penumpang dipastikan tewas akibat kecelakaan tersebut.

Dari total 68 penumpang, 37 orang di antaranya merupakan laki-laki, 25 perempuan, tiga anak-anak, dan tiga bayi.

Lima belas penumpang merupakan warga negara asing dengan rincian lima warga India, empat warga Rusia, dua warga Korea, dan masing-masing satu warga Australia, Argentina, Prancis, dan Irlandia.

Perdana Menteri Nepal, Pushpa Kamal Dahal, pun berbelasungkawa atas kematian 68 orang tersebut.

"[Saya] sangat sedih atas kecelakaan yang menyedihkan dan tragis ini," ujar Dahal, sebagaimana dilansir dari CNN.

Saya dengan tulus meminta personel keamanan, semua badan-badan pemerintah Nepal dan publik untuk memulai penyelamatan efektif."

Kecelakaan tersebut merupakan kecelakaan paling mematikan ketiga dalam sejarah negara Himalaya, menurut data Aviation Safety Network.

Sebelum ini, insiden serupa pernah terjadi pada Juli dan September 1992 yang menewaskan lebih banyak orang yakni 113 dan 167 orang. Saat itu kecelakaan melibatkan maskapai Thai Airways dan Pakistan International.

Sebagai negara yang memiliki 14 gunung tertinggi di dunia, Nepal memang tak asing dengan kecelakaan udara.

(Ary)


×
Berita Terbaru Update