Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita


Gempa Magnitudo 5,5 Kembali Guncang Malang

April 11, 2021 Last Updated 2021-04-11T01:57:24Z

Foto : Ilustrasi gempa

Corong Demokrasi,- 
Malang kembali diguncang gempa pada Minggu (11/4/2021) pukul 06.54 WIB. Gempa teranyar yang berpusat di kota di Jawa Timur itu memiliki kekuatan 5,5 magnitudo.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkap gempa dengan koordinat 8,84 lintang selatan dan 112,41 bujur timur tersebut juga dirasakan di sejumlah wilayah di sekitar Malang.

"Dirasakan pada wilayah Kota Malang (MMI II-IV), Pacitan (MMI III), Wonogiri (MMI III), Trenggalek (MMI III), Nganjuk (MMI II-III), Ponorogo (MMI II-III), Blitar (II-III)," tulis BMKG melalui aplikasi Info BMKG.

Selain itu, gempa di Jawa Timur ini juga terasa hingga Daerah Istimewa Yogyakarta. Tepatnya di wilayah Gunung Kidul (MMI II), Bantul (MMI II), dan Kulonprogo (MMI II).

Skala MMI (Modified Mercalli Intensity) adalah satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi. BMKG merinci skala MMI I hingga XII. Adapun gempa yang terjadi di Malang membuat wilayah lain merasakan getaran MMI II hingga IV.

MMI II menunjukkan getaran membuat benda ringan yang digantung bergoyang. Sedangkan MMI III getaran seperti seakan ada truk berlalu. Adapun MMI IV getaran membuat jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

BMKG memperingatkan masyarakat agar tetap berhati-hati terhadap gempa susulan yang terjadi. Khususnya, setelah terjadi gempa 6,1 magnitudo yang mengguncang Malang pada Sabtu (10/4) siang.

"Hati-hati terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi," terang BMKG dalam situs resmi peringatan gempa bumi dan tsunami.


*(don)


×
Berita Terbaru Update