Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita


Tingkatkan SDM, Dosen IISIP Yapis Biak Gelar PKM

August 27, 2020 Last Updated 2020-08-26T19:04:29Z



Kab. Biak Numfor, Corong Demokrasi,- Tim Dosen IISIP Yapis Biak melalui anggaran Kemenristek Brin T.A 2020 gelar Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

Kegiatan tersebut di Ketuai oleh Abd. Asis, dan anggota Saleh Laha, serta Isal Anwar dilaksanakan di kampung Soryar Distrik Biak Timur Kab. Biak Numfor.

Pelatihan pembuatan abon ikan didahului beberapa pelatihan dan pemberian materi. Diantaranya pelatihan desain kemasan, pelatihan manajemen produksi, pelatihan manajemen keuangan, pelatihan manajemen pemasaran, dan pelatihan manajemen SDM.

Pelaksanaan kegiatan PKM ini di mulai 13 Juni 2020. Dilakukan secara bertahap selama 3 bulan diawali dengan pemberian materi pelatihan sampai tahap demonstrasi pembuatan abon. 

Pelaksanaan kegiatan kemudian akan dilaporn kemajuan kegiatan sesuai estimasi anggaran 70% di bulan agustus 2020 nanti.

Asis selaku Ketua yang bertangung jawab dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan tersebut melibatkan beberapa unsur atau tim.

"Benar pelaksanaan kegiatan PKM ini melibatkan unsur TIM pengusul dari perguruan tinggi, sedangkan sasaran kegiatan ini (mitra) adalah kelompok ibu-ibu PKK dari Kampung Soryar Distrik Biak Timur," kata Asis.(26/08/2020)

Ia juga sangat berharap kegiatan ini dapat meningkatkan penghasilan melalui usaha rumahan yang dilakukan dengan mamfaatkan ikan dan diolah menjadi abon.

"Ibu-ibu PKK diharapkan dapat menambah penghasilan keluarga melalui kelompok usaha rumahan dengan produksi olahan ikan menjadi abon," tutup Asis.

Fasilitator maupun instruktur dalam kegiatan ini dari unsur dosen dan orang-orang yang dianggap kredibel dibidang olahan ikan (diverfikasi).

*(aco/ari)


×
Berita Terbaru Update