Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita


DPR RI : Alasan PLN Soal Penyebab Kenaikan Tagihan Listrik Terbilang Tak Masuk Akal

June 25, 2020 Last Updated 2020-06-25T08:57:58Z

Komisi VI DPR kembali mencecar PT PLN (Persero) soal lonjakan tagihan listrik di tengah pandemi virus corona. DPR bahkan meminta PLN untuk kembali mengecek penyebab kenaikan tagihan listrik sejak banyak kegiatan dilakukan di rumah akibat kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Sonny bahkan menyoroti soal keputusan PLN yang tak mengirim petugasnya lagi untuk mencatatkan meteran listrik ke tiap rumah di masa pandemi virus corona. Dengan demikian, pencatatan meteran dilakukan secara digital atau dihitung rata-rata penggunaan selama tiga bulan terakhir.

Dilansir dari cnnindonesia, Anggota Komisi VI DPR Sonny T Danaparamita mengungkapkan bahwa alasan PLN soal penyebab kenaikan tagihan listrik terbilang tak masuk akal. Soalnya, perusahaan pelat merah itu menyatakan lonjakan terjadi karena mayoritas masyarakat bekerja dari rumah.

Sementara, Sonny beranggapan tak semua masyarakat meningkatkan penggunaan listriknya secara signifikan. Dengan demikian, jumlah kenaikan tagihan seharusnya tak sampai berkali-kali lipat.

"Pernyataan PLN karena masa pandemi banyak orang di rumah, listrik jadi penggunaan naik ya tidak masuk akal. Saya coba hitung berapa energi yang digunakan sampai satu bulan tidak mungkin besar," ucap Sonny.(25/6/2020).

Ia bilang PLN juga perlu mengecek lagi kondisi meteran listrik masing-masing rumah. Bila sudah kedaluwarsa, maka PLN harus mengganti meteran tersebut.

"Ada yang orang ganti meteran bukan untung, justru jadi buntung. Ada beberapa meteran listrik juga yang harus diganti total. PLN harus cek lagi," terang dia.

Dalam kesempatan yang sama, Anggota Komisi VI DPR Amin Ak juga mengaku bingung dengan lonjakan tagihan listrik nasional selama masa pandemi virus corona.

Pasalnya, tak semua penggunaan listrik di rumah ikut naik berkali-kali lipat meski ada kebijakan bekerja dari rumah.

"Kok ada yang naik sampai 100 persen. Padahal, misalnya saya walaupun bekerja dari rumah tapi tidak menyalakan pendingin ruangan pas siang," ucap Amin.*(red)



×
Berita Terbaru Update