Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita


Srikandi GAM : Persyaratan Beasiswa Mahasiswa Bulukumba Kurang Efektif

October 21, 2019 Last Updated 2019-11-03T18:11:49Z


Bupati Bulukumba A.M Sukri Sappewali mengeluarkan perbup Nomor 41 tahun 2019 terkait program beasiswa prestasi untuk mahasiswa bulukumba yang sedang melaksanakan kuliah di PTN maupun PTS seluruh Indonesia dengan jenjang S1 dengan syarat utama memiliki IPK 3,80. 

Kepala Dinas pendidikan dan kebudayaan, Akhmad Januaris mengaku jumlah beasiswa yang di keluarkan memang terbilang kecil karena keterbatasan anggaran. Dalam sosialisasi peraturan bupati Selasa 15/10/2019 di Ruang Pola Kantor Bupati.

Diketahaui Beasiswa prestasi yang di keluarkan dalam PERBUP menjadikan IPK 3,80 sebagai salah satu persyaratan untuk mengikuti seleksinya.

Rafika Rosa Indar mahasiswi asal Kab. Bulukumba yang saat ini mengenyam pendidikan di salah satu kampus ternama di Kota Makassar yakni, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM), berharap agar beberapa persyaratan untuk mendapatkan beasiswa kembali di pertimbangkan, karena beberapa persyaratan, kurang efektif dimata mahasiswa/mahasiswi, tuturnya.

Bobot nilai tersebut hanya mampu di dapatkan oleh mereka yang fokus di kelas-kelas perkuliahan lalu kembali kedalam ruang kamar kos tanpa mengikuti kegiatan ekstra kampus untuk mengasah bakat mahasiswa itu sendiri. Padahal, mengikuti kegiatan ekstra kampus sangat menunjang mahasiswa untuk mengasah skillnya, pungkas Rafika.

Dari rilis yang diterima (21/10/19), mahasiswa yang memenuhi persyaratan akan mendapatkan beasiswa prestasi tersebut sebesar 3 Juta rupiah perorang setiap tahunnya.

Lanjut Perempuan yang juga Srikandi GAM (Gerakan Aktivis Mahasiswa) ini, terkhusus di beberapa fakultas di PTS maupun PTN. IPK 3,80 Selain sangat memberatkan, hal ini juga tentunya tidak mampu mengcover seluruh mahasiswa yang kurang mampu. Padahal, banyak Mahasiswa kurang mampu yang berasal dari bulukumba namun IPKnya tidak mencapai syarat yang di tentukan.

Saya rasa ini hanya bentuk pencitraan bapak Bupati Bulukumba di akhir jabatannya. Pasalnya IPK dengan bobot sebesar itu hanya mampu di dapatkan oleh beberapa orang, sehingga untuk mendapatkan beasiswa tersebut hanyalah segelintir orang yang berada dekat di tatanan pemerintahan saja, tutup Rafika, Srikandi GAM.


×
Berita Terbaru Update