Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita


Gelar Unras, Mahasiswa Desak Polda Sulsel Periksa Aktivitas Tambang di Kab. Bulukumba Yang Diduga Tidak Memiliki Izin

May 31, 2024 Last Updated 2024-05-31T13:12:00Z

Foto : Ist.

Corong Demokrasi,- Sejumlah aktivis mahasiswa menggelar aksi demo terkait aktivitas tambang ilegal galian C di sejumlah titik di Kabupaten Bulukumba, Jumat (31/05/2024) siang. 

Mereka menuntut aktivitas tambang galian C pasir dan batu di Kabupaten Bulukumba dihentikan.

Salah satu perwakilan aksi, Riswandi, mengatakan aktivitas penambangan yang diduga ilegal tersebut telah lama beroperasi tanpa ada tindakan dari aparat penegak hukum.

Menurutnya, dari beberapa aktivitas pertambangan tersebut ada beberapa yang diduga tedak mengantongi izin lengkap. 

"Jelas ketika tidak mengantongi izin lengkap itu berarti tidak ada pengendalian atas resiko yang ditimbulkan baik jangka pendek atau jangka panjang, apalagi di wilayah tersebut adalah wilayah produktif pertanian," kata Riswandi.

"Para penambang semestinya jangan cuma berfikir terhadap income yang didapat dengan mengesampingkan dampak besar yang terjadi dari ulahnya menambang secara ilegal," tambahnya.

Dalam kesempatan itu, massa aksi juga mendesak aparat penegak hukum dalam hal ini instusi kepolisian resort Bulukumba untuk menegakkan supremasi hukum sesuai amanah UU terkait segala jenis aktivitas yang melanggar hukum di wilayahnya.

"Polisi mesti menjadi garda terdepan dalam menuntaskan kasus-kasus tambang ilegal tersebut sebagai upaya efek jera bukan malah menutup mata dan terkesan ada pembiaran," ujarnya.

"Kami juga mendorong Polda Sulsel untuk mengevaluasi dan monitoring terkait kinerja polres Bulukumba," ujar salah satu peserta aksi.

Para peserta aksi kemudian berdialog dengan kepala SPKT untuk kemudian ditindaklanjuti dan rencana untuk melakukan aksi lanjutan ketika dalam waktu dekat tidak ada progress penindakan secara kongkrit.

*(red)


×
Berita Terbaru Update