Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita


Raih Gelar Doktor Di Usia Muda Dengan Predikat Comlaude Begini Perjalanan Andi Cibu

May 25, 2023 Last Updated 2023-05-25T14:50:11Z

Foto: Dr. Andi Cibu M, SH.,MH. Lulusan Comlaude dan Doktor Termuda Bidang Ilmu Hukum di Universitas Muslim Indonesia.
Corong Demokrasi,- 
Pendidikan adalah suatu hal penting bagi kemajuan bangsa, dalam hal inilah pendidikan diharapkan dapat mengubah dunia menjadi lebih baik dan beradap. Berbicara tentang pendidikan tidak terlepas dengan peran dan semangat anak bangsa saat ini.

Hal tersebut tentunya dapat kita teladani dari seorang pemuda hebat yaitu Dr. Andi Cibu Mattingara, S,H.,M.H. ia merupakan anak laki-laki dari dua bersaudara yang besar dari seorang petani, hal ini tentunya dapat kita lihat bahwa Andi Cibu berasal dari keluarga yang sederhana dari kecil ia telah tumbuh dewasa dengan kesederhanaan dan selalu ikut berkebun membantu kedua orang tua.

Andi Cibu sapaan akrabnya, ia lahir di Kab. Pinrang pada 24 Maret 1995 dan memempuh pendididikan SD hingga SMA di ujung utara Sulawesi Barat tepatnya di Kab. Pasangkayu. Ia merupakan seorang anak yang tumbuh seperti layakyanya anak remaja yang memiliki cita-cita yang besar dan ingin menjadi seseorang yang hebat di masa depan.

Usai lulus sekolah menegah atas (SMA) pada tahun 2014, ia melanjutkan pendidikan ke jenjang strata satu (S1) di fakultas hukum Universitas Muslim Indonesia (UMI) di Kota Makassar. Seperti mahasiswa pada umumnya perjalan pendidikan mengejar gelar sarjana tidak berjalan dengan mulus berbagai persoalan telah ia lewati hingga ia hampir tidak dapat menyelesaikan studi dikarenakan kurangnya biaya kuliah pada saat itu.

Selain aktif dalam perkuliahan ia juga turut berperan aktif dalam berbagai organisasi internal kampus maupun eksternal, dan turut terlibat dalam berbagai forum-forum dialog atau diskusi sebagai narasumber dan konsolidasi gerakan.

Setelah berhasil menyandang gelar sarjana S.H pada tahun 2018 ia kembali melanjutkan studi pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi yaitu strata dua (S2) di program pascasarjana Universitas Muslim Indonesia (UMI). Pilihan tersebut tentunya didukung oleh kedua orang tua yang menambah semangatnya untuk tetap melanjutkannya pendidikan.

Sembari melanjutkan studi S2 ia juga ikut dalam Sekolah Profesi Hukum sebagai Advokat, namun sebelum ia menjadi advokat pada tahun 2018 tentunya ia sudah aktif dalam dunia advokasi, bantuan hukum dan kemanusiaan.

Bukan sekedar bergabung dalam organisasi Andi Cibu juga menduduki jabatan penting di berbagai lembaga tersebut salah satunya yaitu sebagai Sekretaris Perhimpunan Bantuan Hukum dan HAM indonesia (PBHI) Sulawesi selatan. Ia juga menjabat sebagai wakil ketua Lembaga Bantuan Hukum Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (LBH KNPI) Sulawesi selatan.

Serta menjabat sebagai ketua Badan Pengembangan dan Perlindugan HAM Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia (BPHAM IKA FH UMI) juga Sebagai Ketua Bidang Kajian dan Pembaharuan Hukum Ikatan Advokat Indonesia (IKADIN) Makassar.

usai menyelesaikan pendidikan S2 dan resmi menyandang gelar Megister Andi Cibu kembali melanjutkan pendidikan dalam mengejar gelar Doktor dalam bidang Ilmu Hukum di Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia (UMI)

Perjalan panjang itu tentunya berbuah manis 24 Mei 2023 ia dengan resmi telah menyelesaikan pendidikan doktornya pada program Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia Studi Doktor Ilmu Hukum dan mendapatkan predikat Cumlaude.

Dr. Andi Cibu Mattingara, S.H., M.H merupakan Doktor muda yang berhasil menyelesaikan studinya di umur 28 tahun, hal ini tentunya dapat menjadi contoh dan teladan buat seluruh generasi muda bahwa pendidikan itu sangatlah penting.


*(Ary)


×
Berita Terbaru Update