Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita


Ini Tanggapan Pertamina Soal Isu Harga BBM Jenis Pertalite Naik Jadi Rp 10.000/Ltr

August 21, 2022 Last Updated 2022-08-21T14:14:45Z

Foto : Ilustrasi.

Corong Demokrasi,- 
Bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis Pertalite disebut-sebut akan naik menjadi Rp 10.000 per liter, atau meningkat Rp 2.350 dari posisi saat ini Rp 7.650 per liter.

Terkait hal tersebut, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan bahwa Pertamina saat ini masih menunggu arahan dari pemerintah.

"Ya kita tunggu arahan dari Pemerintah," katanya dikutip dari detikcom, Minggu (21/8/2022).

Irto menambahkan, kenaikan harga BBM subsidi merupakan kewenangan pemerintah. Dia juga menegaskan bahwa harga Pertalite masih dipatok Rp 7.650/liter hingga kini.

"Hingga saat ini harga Pertalite masih di Rp 7.650 sesuai yang ditetapkan pemerintah," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut akan mengumumkan kenaikan harga BBM jenis Pertalite pekan depan.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan kenaikan ini untuk mengurangi beban APBN yang terus menerus menahan kenaikan harga BBM dengan subsidi.

Menurutnya, selama ini pun Jokowi sudah mengeluarkan berbagai indikasi bila subsidi tak lagi bisa ditahan.

"Menaikkan harga Pertalite yang kita subsidi cukup banyak dan juga itu solar, modeling ekonominya (hitung-hitungan) sudah dibuat. Nanti mungkin minggu depan Pak Presiden akan umumkan mengenai apa dan bagaimana mengenai kenaikan harga ini," papar Luhut dalam Kuliah Umum di Universitas Hasanuddin yang disiarkan virtual, Jumat (19/8/2022) lalu.

*(don)


×
Berita Terbaru Update