Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita


Data Pribadi Pelanggan PLN Diduga Bocor

August 21, 2022 Last Updated 2022-08-21T09:40:18Z

Foto : Ilustrasi.

Corong Demokrasi,- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) merilis berita terbaru terkait dugaan kebocoran data pengguna Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Semuel A. Pangerapan mengatakan pihaknya masih menelusuri dan mendalami lebih lanjut.

"Kominfo juga telah melakukan pemanggilan terhadap manajemen PLN pada hari Sabtu, 20 Agustus 2022 untuk meminta keterangan atas dugaan kebocoran data tersebut," kata Samuel seperti dikutip dari CNBC Indonesia, Minggu (21/8/2022).

Menurutnya, saat ini pihak PLN telah melakukan evaluasi berkelanjutan terhadap sistem keamanan siber PLN, dan pada saat bersamaan PLN juga melakukan peningkatan sistem pelindungan data pribadi pelanggan PLN.

PLN juga menyampaikan bahwa sistem operasional teknologi informasi PLN masih dalam kondisi aman dan pelayanan masyarakat tetap berjalan dengan baik.

Sementara itu, terkait upaya peningkatan keamanan sistem perlindungan data pribadi PLN juga tengah dilakukan bersama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Kementerian Kominfo telah menyampaikan rekomendasi teknis kepada PLN guna meningkatkan pelindungan data pribadi pelanggan PLN.

"Selanjutnya, Kementerian Kominfo akan terus me-review pemenuhan kewajiban PLN terhadap ketentuan pelindungan data pribadi yang berlaku serta kewajiban lain yang terkait sesuai peraturan perundang-undangan," paparnya.

*(don)


×
Berita Terbaru Update