Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita


Usai Uji Coba, Korea Utara Akan Kembali Kembangkan Senjata Nuklir Balistik Jarak Jauh

January 20, 2022 Last Updated 2022-01-20T10:42:19Z

Foto: Uji coba rudal balistik korea utara 

Corong Demokrasi,-
Korea Utara kembali mengisyaratkan akan melanjutkan pengembangan senjata nuklir dan rudal balistik jarak jauhnya lagi. 

Pejabat tinggi Korea Utara menjelaskan persiapan itu dilakukan menyusul persiapan "konfrontasi jangka panjang" dengan Amerika Serikat setelah sanksi baru yang dijatuhkan Washington terhadap Pyongyang buntut tiga kali uji coba rudal tiga pekan terakhir.

Menurut laporan media pemerintah Korut KCNA, dalam rapat Komite Sentral Partai Buruh Korea Utara, Pemimpin Tertinggi Kim Jong-un menginstruksikan agar sektor "terkait" dapat memulai kembali semua kegiatan yang telah ditangguhkan sementara.

Pernyataan itu kemungkinan merujuk pada senjata nuklir dan rudal balistik antarbenua (ICBM) Korea Utara yang selama ini ditangguhkan akibat perjanjian dengan AS pada 2018 lalu.

"Kebijakan yang bermusuhan dan ancaman militer dari Amerika Serikat sudah mencapai batas bahaya yang tak bisa dibiarkan lagi," demikian tulis KCNA dikutip AFP, Rabu (19/1/2022).

Dalam rapat itu, seluruh anggota Politbiro setuju Pyongyang harus mengambil tindakan untuk merespons Amerika Serikat.

"Membuat persiapan yang lebih menyeluruh untuk konfrontasi jangka panjang dengan imperialis AS (dan) meningkatkan kekuatan fisik kita untuk membela (hak dan kepentingan bangsa)," demikian laporan KCNA menambahkan.

Dalam rapat itu, disajikan pula laporan yang menjabarkan kondisi di semenanjung Korea dan membahas rencana tindakan balasan terhadap AS di masa depan.

Desember lalu, Kim memang menegaskan komitmennya untuk memperkuat basis militer dan menolak tawaran pembicaraan denuklirisasi dengan Washington.



(ary)



×
Berita Terbaru Update