Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita


Gempa Susulan Dengan 5,4 Magnitudo Kembali Menguncang Larantuka

December 14, 2021 Last Updated 2021-12-14T10:06:46Z

Foto:Ilustrasi

Corong Demokrasi,-
Gempa bumi susulan kembali mengguncang wilayah Larantuka, Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan magnitudo 5,4. Gempa terjadi Selasa (14/12) pukul 15.31 WIB.
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mencatat lokasi gempa berada di 7.59 Lintang Selatan dan 122.40 Bujur Timur. Pusat gempa berada di laut, tepatnya 201 km Baratlaut Larantuka, NTT.

"Kedalaman 12 Km Dirasakan (MMI) III Larantuka, II ende, II Maumere," demikian keterangan BMKG.dikutip CNNindonesia.

BMKG menyatakan gempa ini tidak berpotensi tsunami. Namun memberikan peringatan kepada masyarakat sekitar perihal gempa susulan.

Gempa ini terjadi tak lama setelah gempa besar magnitudo 7,4 di lokasi yang sama pada hari yang sama, sekitar pukul 10.20 WIB. Gempa besar ini dirasakan hingga ke Maluku, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara.

BMKG kemudian mengeluarkan peringatan dini tsunami. Sedikitnya tiga daerah langsung berstatus waspada tsunami, yakni di Flores Timur Bagian Utara, Pulau Sikka, Sikka bagian utara dan Pulau Lembata.

Pada siang hari peringatan dini tsunami itu dicabut. Namu BMKG mencatat sejak gempa magnitudo 7,4 tersebut, belasan gempa susulan masih terjadi.


(ary)



×
Berita Terbaru Update