Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita


Tambang Emas Ilegal di Solok Selatan Longsor, 4 Orang Tewas

May 10, 2021 Last Updated 2021-05-10T15:41:12Z

Foto : Tambang ilegal (ilustrasi).

Corong Demokrasi,- 
Korban akibat tambang emas ilegal yang longsor di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, bertambah menjadi 5 orang. Sebanyak empat orang di antaranya ditemukan meninggal dunia dan satu lainnya dalam kondisi patah kaki.

"Empat ditemukan meninggal dunia, satu mengalami patah kaki dan patah tulang punggung," kata Kapolres Solok Selatan, AKBP Tedy Purnanto, saat dikonfirmasi, Senin (10/5/1021) malam.

Empat korban yang ditemukan meninggal itu adalah Iyas (35) warga Jorong Bukik Malintang Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir. Kemudian Buyung, (40) warga Jorong Bidar Alam Nagari Bidar Alam, Kecamatan Sangir Jujuan.

Lalu Ad (40) warga Jorong Sungai Rambutan Nagari Lubuk Gadang Selatan serta Sizal (45) warga Jorong Sungai Rambutan Nagari Lubuk Gadang Selatan Kecamatan Sangir. Sedangkan satu korban yang patah kaki yakni Sitio, (37) warga Jorong Sungai Rambutan Nagari Lubuk Gadang Selatan.

"Ke empat korban yang meninggal dunia telah tiba di rumah duka," kata Tedy.

Tedy mengatakan, proses pencarian masih dilakukan. Diperkirakan masih ada korban lainnya yang tertimbun.

"Masih dalam pencarian," ujarnya.

Peristiwa longsor ini diketahui terjadi pada Senin (10/5/2021) pagi. Tambang emas yang berada di Timbahan, Jorong Kapalo Koto, Nagari Abai Kecamatan Sangir Batang Hari, Kabupaten Solok Selatan Sumatra Barat, disebut ilegal.

"Kejadiannya sekitar pukul 07.30 WIB. Siang tadi kita baru dapat laporan. Informasi sementara, ada empat orang yang tertimbun longsor," kata Kepala Kantor SAR Kelas A Padang Asnedi, kepada wartawan.

Asnedi mengatakan longsor di lokasi tambang itu bukan sekali ini terjadi. Sebelumnya, menurut Asnedi, lokasi tambang itu pernah longsor Januari lalu.

Saat itu ada enam orang yang tertimbun, empat di antaranya meninggal dunia. Asnedi mengatakan seusai longsor pada Januari, lokasi tambang itu sempat ditutup.

"Infonya (lokasi) yang terakhir kejadian kemarin penambangan emas ilegal ya. Sebenarnya, infonya sudah ditutup, kok masih ada?," ujarnya.

*(don)


×
Berita Terbaru Update