Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita


Kadispen TNI AL Sebut KRI Nanggala Diduga Black Out dan Tenggelam

April 21, 2021 Last Updated 2021-04-21T15:54:19Z

Foto : Kapal selam KRI Nanggala-402.

Corong Demokrasi,- 
Kapal selam milik TNI AL, KRI Nanggala-402, hilang kontak di Selat Bali pada Rabu (21/4/2021) pukul 03.00 WIB. KRI Nanggala hilang kontak saat mengikuti uji coba latihan peluncuran torpedo.

Kadispen TNI AL, Laksma Julius Widjojono, menyatakan berdasarkan hasil analisis sementara, KRI Nanggala saat menyelam diduga black out. Alhasil, KRI Nanggala tenggelam secara tidak terkendali dan diduga berada di kedalaman hingga 700 meter.

"Analisa sementara, kemungkinan saat menyelam statis terjadi black out sehingga kapal tidak terkendali," ujar Laksma Julius dalam keterangannya.

Laksma Julius menyebut, apabila tidak terjadi black out, seharusnya KRI Nanggala yang mengangkut 53 awak tersebut bisa diselamatkan dengan prosedur kedaruratan.

"Seharusnya ada tombol darurat untuk menghembus supaya kapal bisa timbul ke permukaan," ucap Laksma Julius.

KRI Nanggala-402 merupakan salah satu kapal selam yang dioperasikan TNI AL. Kapal ini merupakan kapal selam buatan industri Howaldt Deutsche Werke (HDW), Kiel, Jerman Barat, pada 1979 dan resmi beroperasi di Indonesia pada 1981.

Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, menyatakan telah mengerahkan sejumlah KRI hingga tim penyelam dan sejumlah alutsista lainnya untuk mencari KRI Nanggala

*(don)


×
Berita Terbaru Update