Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita


Harga Komoditas Melesat, 2021 PDB Rusia Diprediksi Meningkat

January 26, 2021 Last Updated 2021-01-25T16:58:47Z

Foto : Ist

Corong Demokrasi,- Salah satu bank terbesar di Rusia, VTB, memprediksi perekonomian Negeri Beruang Merah akan kembali normal ke tingkat sebelum krisis pada musim gugur nanti. VTV pun 'meramal' pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) secara keseluruhan tahun ini dapat mencapai sekitar 3,7%.

Melansir Reuters, Senin (25/1/2021), Kepala Eksekutif VTB Andrey Kostin, mengatakan bahwa hal ini ditandai dengan kenaikan harga-harga komoditas yang mengindikasikan kuatnya permintaan baru di pasar.

"Karena harga komoditas, darah kehidupan ekonomi Rusia, umumnya meningkat sebagai akibat dari permintaan baru, pertumbuhan PDB terlihat sekitar 3,7% tahun ini," kata Kostin dalam pertemuan virtual World Economic Forum (WEF).

"Kami merasa cukup optimis tentang hal ini dan kami berharap bahwa pada musim gugur ekonomi Rusia akan kembali ke level sebelum krisis," tambahnya.

Lembaga pemeringkat kredit Rusia, ACRA, memperkirakan pertumbuhan yang hampir sama dengan prediksi Kostin. ACRA menilai akan terjadi penguatan nilai rubel, asalkan tidak ada sanksi baru terhadap Moskow. Namun sepertinya resiko itu muncul kembali sejak penangkapan pemimpin oposisi Alexei Navalny.

Uni Eropa akan mempertimbangkan sanksi baru terhadap individu Rusia pada hari Senin. Ini setelah lebih dari 3.000 orang ditangkap pada hari Sabtu (23/1/2021) dalam protes untuk menuntut pembebasan Navalny.

Inflasi Rusia mencapai 4,9% pada 2020, atau lebih tinggi dibandingkan 3,0% pada 2019. Realisasi inflasi itu di atas target bank sentral 4%, dan defisit anggaran mencapai 3,8% terhadap PDB, tertinggi dalam satu dekade.

Rusia sebelumnya mengatakan berencana untuk memangkas stimulus ekstra untuk ekonomi menjadi sekitar 1% dari PDB tahun ini, dari 4,5% terhadap PDB pada tahun 2020.

*(red)


×
Berita Terbaru Update