Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita


BI Tutup Saat Libur Pilkada 9 Desember Mendatang

December 02, 2020 Last Updated 2020-12-02T09:40:33Z

Foto : Ist

Jakarta, Corong Demokrasi,- 
Bank Indonesia (BI) akan menutup semua kegiatan operasinya pada 9 Desember 2020 mendatang. Penutupan ini sejalan dengan adanya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Peniadaan kegiatan operasional Bank Indonesia tersebut merujuk pada Keputusan Presiden Republik Indonesia No.22 Tahun 2020 tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020 sebagai Hari Libur Nasional.

"Kegiatan operasional Bank Indonesia pada hari Pilkada, 9 Desember 2020 ditiadakan," ujar Kepala Grup Departemen Komunikasi BI Junanto Herdiawan melalui keterangan resmi, Rabu (2/12/2020).

Adapun kegiatan operasional BI yang ditiadakan adalah:

1. Kegiatan operasional Sistem Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS), Bank Indonesia Scripless Securities Settlement System (BI-SSSS), dan Bank Indonesia Electronic Trading Platform (BI-ETP)
2. Kegiatan Operasional Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI)
3. Layanan Operasional Kas
4. Transaksi Operasi Moneter Rupiah dan Valas
5. Penerbitan Jakarta Interbank Offered Rate (JIBOR), Indonesia Overnight Index Average (IndONIA) dan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR).

Sementara itu, pelaksanaan kegiatan operasional di industri sektor keuangan termasuk Penyelenggara Sistem Pembayaran (PJSP) dan Penyelenggara Jasa Pengolahan Uang Rupiah (PJPUR) menjadi pertimbangan dan kewenangan masing-masing institusi.

Namun, BI tetap mengimbau agar industri keuangan termasuk PJSP dan PJPUR untuk tetap mendorong gaya hidup baru (new lifestyle) dalam melakukan kegiatan usahanya yakni dengan selalu menerapkan protokol kesehatan dan pencegahan penyebaran COVID-19.

"BI akan terus melakukan koordinasi dan sinergi dengan Pemerintah, otoritas, dan industri terkait dalam menempuh langkah-langkah kolektif untuk melakukan pemantauan, asesmen, pencegahan dan mitigasi implikasi penyebaran pandemi Covid-19," jelasnya.

*(red)


×
Berita Terbaru Update