Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita


Calon Doktor Muda Sekaligus Aktivis Ini Angkat Bicara Soal Paslon Independen di Pilkada Pasangkayu

November 27, 2020 Last Updated 2020-11-27T10:03:54Z

Foto : Ist

Makassar, Corong Demokrasi,- 
Dalam perjalanan bangsa, negara dan dunia kita tahu, bahwa sejarah digenggam oleh angkatan muda yang gigih, kokoh dan progresif dalam memperjuangkan nasib rakyat.

Hari ini tak banyak yang harus diperbuat sebagai golongan muda selain dari dukung mendukung, bersatu padu dan cinta akan perubahan, sebagimana jati diri seorang pemuda bahwa idealisme adalah kemewahan terakhir yang dimiliki oleh pemuda.

Prinsipnya, pemuda tidak banyak menceritakan masa lalu tetapi lebih kepada menjanjikan masa depan. Mengapa pemuda sangat menjanjikan masa depan ? Karena pemuda punya semangat, ideologi dan prinsip-prinsip dalam pembebasan terhadap manusia, sebab itulah darah muda sebagai nomenklatur pemimpin yang dapat membawa perubahan.

Konsensus antara pemerintah dan rakyat itu di wujudkan dalam UUD 1945 sebagai ikatan politik dan hukum, maksud diadakan nya UUD 1945 untuk meletakkan aturan-aturan pasti, dan dengan demikian menjaga agar pemerintah tetap berjalan dengan baik.

Potensi penataan dan penciptaan pemerintahan yang baik tentu berangkat dari ide, gagasan dan semangat perubahan anak muda. Tak berpikir banyak, energi dan waktu rela dihabiskan untuk belajar hanya karena soal pemikirannya yang dapat membawa perubahan, itulah ciri khas dari pemuda.

Dalam Pilkada Pasangkayu saya kenal baik beliau tokoh muda, M. Yusri Nur, S.T., M.Si. ia sosok mantan aktivis dan organisatoris yang juga lulusan Universitas terbaik dan tertua di indonesia timur yang kini identik dikenal sebagai kampus intelektual dan pergerakan UMI Makassar

Demikian hari ini beliau berjuang dalam pesta demokrasi sebagai Calon Wakil Bupati Kab. Pasangkayu Prov. Sulawesi Barat. Berpasangan Bapak Ir. H. Abdullah Rasyid, MM sebagai calon bupati Kab. Pasangkayu yang juga beliau sangat berpengalaman, cerdas, baik dan berjiwa muda dengan nomor pasangan calon urut 2.

Apalagi pasca debat Publik beberapa waktu lalu, sosok pasangan ini memaparkan visi misi secara signifikan, berkualitas, aktual dan terukur. Tentu sebagai pemilih ilmiah cerdas yang objektif maka tidak ada alasan lain untuk tidak mendukung sekaligus memilih pasangan "abdullah yusri" pun tidak berarti tanda-tanda masyarakat Pasangkayu belum maju. Sehingga jangan biarkan orang baik berjuang sendiri.

Unik dan luar biasanya, pasangan calon ini maju dan lolos dengan syarat perseorangan (independen). Artinya maju sebagai pasangan calon tanpa ada dukungan oleh Partai Politik (Parpol).

Secara perspektif ketatanegaraan, calon independen adalah sistem yg dilegalisasi baik secara Konstitusi bahwa pemilihan kepala daerah dipilih secara demokratis, kata demokratis dijewantahkan melalui UU Pilkada No 10 Thn 2016 yang juga di camtumkan pasangan Perorangan (independen) sebagai pemilihan demokratis.

Pada kategori calon independen tentu sangat sulit untuk lolos dikarenakan syarat dan ketentuan dalam UU Pilkada tidaklah mudah, terbukti di beberapa daerah lain mulai dari kalangan atris, pengusaha dan lainnya, tidak dapat lolos sebagai calon independen pada kontestasi pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Itu artinya bahwa memang tidak mudah sebagai calon independen sebagaimana kalah rumitnya dari loby parpol.

Independen, selain di usung oleh perorangan atau dengan kata lain pengumpulan KTP rakyat sebanyak yang telah ditentukan. Artinya niat rakyat atas kepemimpinan independen lebih terbukti dan diminati atas dukungan dengan terkumpulnya KTP. Berbeda dengan pengusungan oleh Parpol, sekalipun hitungan syarat calon ditentukan oleh suara kursi parlemen namun suara kursi parlemen tidak menjamin secara nyata atas dukungan rakyat.

Tatkala demikian bahwa, Pemimpin yang baik tergantung bagaimana proses pemilihan hingga pada pemenangan. Sebab baik dan buruknya pemimpin juga tergantung dari mekanisme pemilihan pula.

Ini adalah kesempatan emas masyarakat Kabupaten Pasangkayu untuk memilih pemimpin yang independen. Sejalan makna independen dalam mekanisme pemilihan pada akhirnya makna independen di wujudkan dalam menjalankan pemerintahan yang baik dan bersih tanpa ada ikatan dan pengaruh terhadap kekuasaan lainnya, selain dari pengaruh dan kehendak rakyat.

Oleh karena itu pilihan tepat masyarakat Kabupaten Pasangkayu dalam kontestasi Pilkada ada di Ir. H. Abdullah Yusri, MM dan M. Yusri, S.T., M.Si. Nomor Urut 2.

Mari cerdas dalam menentukan pilihan, terlebih lagi dewasa dalam memilih agar supaya dapat menghargai pilihan orang lain.

Penulis : Andi Cibu Mattingara, SH, MH


×
Berita Terbaru Update