Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita


Saling Tembak TNI dan TPNPB-OPM Di Intan Jaya, TNI Amankan Barang Bukti

October 13, 2020 Last Updated 2020-10-13T08:12:51Z

Foto : Ist

Jayapura, Corong Demokrasi,-
Aksi saling tembak antara TNI dengan KKSB kembali terjadi di dekat Bandara Bilorai, Kampung Bilogai, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Senin (12/10/2020).

Berdasarkan keterangan Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III Kolonel Czi IGN Suriastawa mengatakan, kontak tembak terjadi sekitar pukul 17.45 WIT petang tadi.

Ia menyebut, satuan TNI yang terlibat kontak tembak dengan KKSB adalah personel dari Yonif 400 Raider yang sedang melaksanakan pengamanan di Bandara Bilorai.

"Satuan ini masih melaksanakan pengamanan bandara untuk menjamin keselamatan penerbangan sipil dari ancaman KKSB yang beberapa waktu lalu sempat viral di media massa," katanya dalam siaran pers.

Suriastawa menerima informasi dari lapangan bahwa pasukan TNI menemukan sepucuk senjata api laras panjang rakitan beserta sejumlah amunisi.

"Satu pucuk senjata laras panjang rakitan yang dilengkapi dengan teleskop, 19 butir munisi kaliber campuran (5,56 mm dan 7,62 mm)," pungkasnya.

Ia juga menduga kuat satu anggota KKSB tertembak dalam peristiwa itu, namun berhasil dibawa oleh rekannya saat melarikan diri dari lokasi baku tembak.

"Satu orang KKSB tertembak, namun saat pembersihan di lokasi, korban belum ditemukan. Kemungkinan besar diselamatkan oleh dua orang lainnya yang melarikan diri," lanjutnya.

Suriastawa menambahkan, pasukan TNI belum sempat melakukan pengecekan secara maksimal di lokasi mengingat hari sudah semakin gelap. "Tidak ada korban dari pihak TNI," katanya.

Sebelumnya, pada Minggu (11/10) TNI juga sempat terlibat baku tembak dengan KKSB yang menyerang Pos Koramil Persiapan di Distrik Hitadipa, Intan Jaya, Papua.

Juru Bicara TPNPB Sebby Sambom membenarkan serangan ke pos TNI tersebut yang dilakukan oleh Kodap VIII Intan Jaya di bawah pimpinan Sabinus Waker.

"Ya, itu benar dan TPNPB Kodap VIII Intan Jaya bertanggungjawab," kata Sebby,

*(ari)


×
Berita Terbaru Update