Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita


China Dukung Iran, Desak Forum Redakan Ketegangan di Timteng

October 12, 2020 Last Updated 2020-10-12T09:13:19Z


Foto : Ist

Jakarta, Corong Demokrasi,- 
China menegaskan kembali mendukung Iran dan menyerukan forum baru untuk meredakan ketegangan di Timur Tengah.

Hal itu ditegaskan setelah Menteri Luar Negeri China Wang Yi bertemu dengan Menlu Iran Javad Zarif. Keduanya bertemu di Kota Tengchong, China, Sabtu (10/10/2020).

Mereka juga menyampaikan komitmen terhadap perjanjian nuklir 2015 dengan kekuatan dunia.Seperti dikutip dari AFP, pertemuan itu menjadi peringatan terhadap Amerika Serikat karena keluar dari kesepakatan nuklir dengan Iran.

"China mengusulkan untuk membangun platform dialog multilateral regional dengan partisipasi yang sama dari semua pemangku kepentingan," kata pernyataan Kementerian Luar Negeri China.

Kata Kemlu China, Forum itu akan meningkatkan saling pengertian melalui dialog. Juga mengeksplorasi solusi politik dan diplomatik untuk masalah keamanan di Timur Tengah.Menurut Wang, dukungan untuk kesepakatan nuklir Iran akan menjadi prasyarat untuk masuk ke forum.

Perjanjian itu diketahui dinegosiasikan oleh pemerintahan Barack Obama tetapi akhirnya ditinggalkan oleh Donald Trump.

Zarif menambahkan pertemuan juga berfokus pada hubungan strategis dan kolaborasi dalam pengembangan vaksin virus corona."Pembicaraan bermutu dengan Wang sama dengan penolakan terhadap unilateralisme AS," kata Zarif di Twitter

Hubungan Iran dengan Arab Saudi, dan negara Timur Tengah terus memburuk selama perang di Yaman berkecamuk. Arab Saudi menyatakan dukungan terhadap AS yang menjatuhkan sanksi terhadap Teheran.

*(ari)


×
Berita Terbaru Update