Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita


2 Tahanan Meninggal, Kapolsek Sunggal Diperiksa Propam

October 14, 2020 Last Updated 2020-10-14T09:08:29Z

Foto : Ilustrasi

Jakarta, Corong Demokrasi,- 
Bidang Profesi dan Pengamanan Polda Sumatera Utara memeriksa Kapolsek Medan Sunggal Kompol Yasir Ahmadi terkait kematian dua tahanan, Joko Dedi Kurniawan dan Rudi Efendi.

"Benar lagi diambil keterangannya. (Kapolsek) Itu udah pasti," kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Tatan Dirsan Atmaja, (13/10/2020).

Tatan mengatakan Propam tak hanya memeriksa Kompol Yasir, tetapi juga sejumlah anggota Polsek Medan Sunggal. Namun, dia tidak memberikan keterangan detail terkait pemeriksaan yang sudah dilakukan tersebut. "Petugas piket juga diperiksa,"pungkasnya.

Dua tahanan Polsek Medang Sunggal yang ditangkap beberapa hari lalu, yakni Joko Kurniawan dan Rudi Efendi meninggal dunia.

 Dua polisi gadungan itu ditangkap karena diduga mencuri.Pihak keluarga menduga mereka berdua tewas dianiaya di dalam sel. Keluarga lantas mengadukan hal itu ke LBH Medan.

Wakil Direktur LBH Medan, Irvan Sahputra dan Kadiv Buruh Miskin Kota LBH Medan, Maswan Tambak mengatakan pihaknya telah menerima kuasa dari keluarga kedua almarhum.

"Kami menduga adanya penyiksaan terhadap almarhum. Diduga keduanya meninggal di sel tahanan," kata Irvan.

Irvan mengatakan Rudi meninggal lebih dahulu pada 26 September lalu. Kemudian Joko meninggal pada 2 Oktober.

Dia pun mendesak Kapolda Sumut turun tangan mengusut kasus dugaan kekerasan tersebut,

"Saat dibawa ke rumah duka, ada luka di kepala almarhum Joko. Sedangkan Rudi, tubuhnya lebam lebam. Maka LBH perlu turun untuk keadilan. Karena seharusnya setiap orang bebas dari siksasan dan perlakuan tidak manusiawi," katanya.

*(ari)


×
Berita Terbaru Update