Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita


Melonjak ! 21 Tenaga Medis RSUD Biak Positif Corona

September 06, 2020 Last Updated 2020-09-06T05:36:42Z

Kab. Biak Numfor, Corong Demokrasi,- Sebanyak 21 tenaga medis yang bertugas di Rumah Sakit Umum Daerah Biak dinyatakan positif terpapar virus corona atau COVID-19.

Pihak menajemen rumah sakit memutuskan menutup sementara poli klinik selama satu pekan kedepan Direktur RSUD Biak, dr. Ricardo Mayor, membenarkan hal tersebut.

Ia menjelaskan, 21 tenaga medis yang positif Covid-19 berasal dari beberapa ruangan diantaranya, ruang perawatan poli klinik dan beberapa ruang lainnya.

"Sampai saat ini ada 21 tenaga medis kami yang positif Covid-19. Dari jumlah tersebut ada 3 orang dokter juga yang positif sehingga untuk mencegah penyebaran virus corona maka putuskan untuk menutup pelayanan di poliklinik hingga 12 September 2020," pungkas dr. Ricardo Mayor.

Ia juga mengatakan selama penutupan pelayanan dilakukan, pihak rumah sakit akan melakukan pemeriksaan swab kepada seluruh tenaga medis yang melakukan kontak erat dengan tenaga medis yang positif COVID-19.

"Selama penutupan, kami akan lakukan penyemprotan desinfektan ke seluruh ruangan dan swab bagi seluruh petugas medis. Ini untuk mencegah penyebaran virus corona di lingkungan rumah sakit dari petugas medis kepada pasien yang datang berobat di rumah sakit," kata dr. Ricardo Mayor.

Ricardo mengaku, selama penutupan poliklinik dilakukan, maka pelayanan kesehatan akan dialihkan ke sejumlah puskesmas yang berada di Kota Biak.

"Kami sudah berkoordinasi dengan sejumlah puskesmas dan akan ada 8 puskesmas yang akan melayani masyarakat selama poliklinik RSUD Biak ditutup," jelasnya.

Selain itu, Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Papua Silwanus Sumule mengatakan, RSUD Biak merupakan rumah sakit kedua yang menutup pelayanan sementara akibat tenaga medis yang terpapar virus corona.

"Ini adalah rumah sakit kedua yang menutup pelayanan sementara karena petugas medisnya terpapar virus corona, setelah sebalumnya RS Provita di Kota Jayapura," kata Silwanus.

Dari data Gugus Tugas Covid-19 Kab. Biak Numfor hingga Sabtu malam, jumlah pasien positif sebanyak 168 kasus dengan rincian 63 orang dalam perawatan, 103 orang dinyatakan sembuh dan 2 orang meninggal dunia.

*(ari)


×
Berita Terbaru Update