Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita


Ini Pelaksana Harian KPU Pengganti Arief Budiman

September 22, 2020 Last Updated 2020-09-22T11:12:42Z

Foto : Istimewa

Jakarta, Corong Demokrasi,- Komisoner KPU Ilham Saputra ditunjuk menjadi pelaksana harian (Plh) Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggantikan sementara Ketua KPU Arief Budiman yang saat ini dirawat karena positif Covid-19.

"Dalam rangka untuk memperlancar urusan tata administrasi KPU, telah diputuskan penunjukan Plh (Pelaksana harian) Ketua KPU, yaitu dalam hal ini Plh Ketua KPU dilaksanakan Saudara Ilham Saputra," tulis Ilham dalam keterangannya, (22/09/2020). 

Ilham Saputra dalam kesempatannya juga tersebut mengatakan Arief dipindah ke RSPAD Gatot Subroto untuk menghindari penularan kepada keluarganya.

"Dalam rangka percepatan pemulihan kesehatan," pugkas Ilham.

Meski dirawat di rumah sakit, kondisi Arief Budiman disebut kian membaik. Selama menjalani pemulihan, tugas Arief akan ditangani oleh Ilham.

Ilham menjelaskan saat ini KPU sedang mempercepat revisi PKPU terkait Penyelenggaraan Pilkada Situasi Covid-19. Aturan itu dibuat guna membatasi dan meniadakan kegiatan yang potensial melibatkan massa dalam jumlah banyak dan potensi penyebaran Covid-19.

Arief dinyatakan positif Covid-19 usai menjalani tes PCR pada Kamis (17/09/2020). Karena hasil tersebut, Arief pun tak diperbolehkan ikut rapat bersama Presiden Joko Widodo di Istana Bogor.

Mulai saat itu pula ia menjalani isolasi mandiri. Arief juga menginstruksikan para pegawai KPU RI untuk bekerja dari rumah. Kantor KPU RI di Jakarta sempat ditutup untuk menjalani disinfeksi selama beberapa hari.

Selain Arief, dua komisioner lainnya, yakni Pramono Ubaid Tanthowi dan Evi Novida Ginting juga dinyatakan positif Covid-19. Evi telah dinyatakan sembuh setelah menjalani isolasi sejak Kamis (10/09/2020).

Sementara Pramono masih menjalani isolasi mandiri di rumah dinasnya di Jakarta. Ia dinyatakan positif via tes PCR pada Sabtu (19/09/2020).

*(ari)


×
Berita Terbaru Update