Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita


Antisipasi Banjir di Rawajati Hingga Kampung Melayu Siaga 1

September 22, 2020 Last Updated 2020-09-21T18:25:21Z

Foto : Banjir Rajawati / Istimewa

Jakarta, Corong Demokrasi,- 
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memperingatkan warga di sekitar Sungai Ciliwung, menyusul meluapnya Bendung Katulampa hingga tinggi muka air (TMA) menyentuh 250 cm atau Siaga I.

Melalui twitter, BPBD Jakarta menyatakan air limpahan dari Katulampa itu akan mencapai wilayah Ibu Kota sekitar 6-9 jam kemudian. Untuk itu, BPBD DKI meminta sejumlah wilayah di pinggir Sungai Ciliwung untuk mengantipasi datanganya banjir.

Wilayah tersebut antara lain Rawajati, Pejaten Timur, Kalibata, Pengadegan, Cawang, Kebon Baru, Bukit Duri, Bidara Cina, dan Kampung Melayu.

Sebelumnya, BPBD Kota Bogor bahwa Bendung Ciliwung-Katulampa naik signifikan hingga masuk ke Siaga I hanya dalam dalam satu jam sejak Siaga IV. Pada pukul 17.47, Tinggi Muka Air (TMA) Katulampa baru 40 CM atau siaga 4.

Namun dalam 5 menit TMA naik jadi 120 Cm atau Siaga 3. Sekitar pukul 17.58, TMA sudah naik jadi 170 Cm atau siaga 2. Akhirnya pada pukul 18.17 WIB TMA sudah menyentuh 240 Cm atau Siaga 1. Posisi terakhir di pukul 18.18 WIB, TMA sudah mencapai 250 Cm.

Berdasarkan data kronologi di atas, kenaikan TMA dari level Siaga 4 menjadi Siaga 1 terjadi dalam kurun waktu kurang lebih satu jam saja. Hal itu dipicu oleh tingginya intensitas hujan di sebagian besar wilayah Bogor.

Sebagai informasi, BPBD Kota Bogor juga melaporkan adanya 13 kelurahan yang berada di bantaran Sungai Ciluwung.

Adapun keseluruhan wilayah kelurahan tersebut adalah Sindangrasa, Tajur, Katulampa, Sukasari, Baranangsiang, Babakan Pasar, Sempur, Tanah Sareal, Bantarjati, Cibuluh, Kedung Badak, Sukaresmi dan Kedung Halang.


×
Berita Terbaru Update